Peta tendangan dan bola tangan Shai Bolton di musim 2022.

Mengapa Shai Bolton mungkin menjadi pemain terpenting Richmond dalam dorongan mereka untuk kembali ke final

Terkadang kata-kata dan angka tidak secara akurat mengartikulasikan sifat spektakuler dari permainan sepak bola Australia.

Ada contoh di mana kata-kata gagal untuk menduga besarnya tindakan yang dilakukan.

Memuat

Lompatan Shai Bolton dalam klip di atas adalah tanda — tanda yang diperebutkan. Penelepon statistik akan menandainya di lembar mereka, mirip dengan 4.759 tanda lainnya yang diambil pada tahun 2021. Tentu saja, itu jauh lebih dari itu.

Ledakan Bolton ke atas adalah simbol sepakbola masa lalu, sekarang dan masa depan. Dia tampaknya memiliki pegas baja untuk kaki dan sifat buruk untuk tangan.

Dia bisa membersihkan paket dalam satu ikatan dan menerobos kontes dengan kecepatan dan kelincahan. Kemampuannya untuk membaca penerbangan dan pantulan bola memberinya keuntungan di hampir semua lawannya. Dia mengalahkan lawan sesuka hati, sering tersenyum saat melakukannya.

Dia mungkin menjadi pemain paling penting bagi Macan yang bangkit kembali, siap untuk kembali ke final setelah setahun absen.

Bintang muda Richmond telah berubah dari sepotong dinasti menjadi salah satu pemain muda terbaik di liga. Dia juga yang terbaru dari garis panjang legenda sepak bola Noongar yang hebat, dan terbentuk sebagai boodrdahwan — “masa depan” — dari olahraga.

Sejarah yang membanggakan

Beberapa pemain bisa kehabisan di AFL dalam guernseys yang mereka buat, tetapi Bolton melakukan hal itu selama Putaran Sir Doug Nicholls pada tahun 2020.

Bolton, bersama ibu dan neneknya, merancang guernsey Macan berdasarkan mimpi Noongar.

Bolton adalah pria Menang dan Wilman Noongar yang bangga, membawa warisan sepakbola yang kaya. Ada 14 kelompok Mena yang membentuk orang Noongar, termasuk kelompok Menang dan Wilman.

Orang-orang Noongar memiliki sejarah panjang dan bertingkat dengan sepak bola Australia. Pesepakbola Pribumi pertama di salah satu kompetisi negara bagian tingkat atas umumnya diakui sebagai Jimmy Melbourne, seorang pria Noongar yang kemudian bertempur dalam Perang Dunia I dan memenangkan liga utama Australia Barat dengan West Perth.

Sejak Melbourne, sejumlah pemain Noongar telah memengaruhi permainan, seperti Graham Farmer, Barry Cable, Ted Kilmurray, keluarga Krakouer, dan Nicky Winmar.

Memuat

Pemain Noongar masih memiliki dampak besar di liga. Saat ini ada 21 pemain Noongar di AFL di 13 klub, lebih dari seperempat dari semua pemain AFL Pribumi. Empat saat ini berada di Tigers, terbanyak dari klub mana pun.

Orang-orang Noongar juga merupakan penulis bagian lain dari sejarah Australia. Di tengah Pekan NAIDOC — hanya beberapa hari setelah peringatan 30 tahun keputusan Mabo di Pengadilan Tinggi (dan Hari Mabo) — orang-orang Noongar sedang dalam proses mengambil kendali tradisional atas tanah mereka.

Keputusan Mabo pada tahun 1992 menolak konsep terra nullius dan menyatakan bahwa orang Meriam tetap menjadi pemilik tradisional atas tanah mereka, kepulauan Mer. Itu juga menyatakan bahwa masyarakat adat lainnya memegang hak atas tanah mereka sesuai dengan hukum dan adat mereka sendiri.

Memuat

Setelah beberapa dekade klaim dan negosiasi bertahun-tahun, pemerintah Australia Barat dan Dewan Tanah dan Laut Aborigin Barat Daya (atas nama orang Noongar) akhirnya menyelesaikan klaim hak milik asli mereka, Klaim Noongar Tunggal yang mencakup boodja (tanah) Noongar.

Undang-Undang Parlemen Australia Barat yang mengakui orang Noongar dan hubungan mereka dengan daratan menyatakan:

“Sejak dahulu kala, orang Noongar telah mendiami tanah di barat daya negara bagian; tanah-tanah ini oleh orang-orang Noongar disebut Noongar boodja (Bumi Noongar). Orang-orang Noongar terus memiliki hubungan budaya, spiritual, kekeluargaan dan sosial yang hidup dengan Noongar boodja.”

Luas 195.000 kilometer persegi yang dicakup oleh pemukiman itu kira-kira seukuran Victoria, sebuah negara yang luas di barat daya barat daya. Boodja Noongar meliputi selatan di Albany dan Mt Barker sampai ke Geraldton dan Mullewa, termasuk Perth di jalan. Ini mencakup ekosistem yang luas, dan cara hidup.

Pemukiman ini luas dan mencakup elemen keuangan dan akses ke tanah, investasi pada orang-orang Noongar dalam hubungannya dengan Australia Barat. Beberapa orang menyebutnya sebagai perjanjian nyata pertama dengan masyarakat adat di Australia.

Bolton berdiri sebagai perwakilan kuat rakyatnya, mengetahui masa lalunya dan meneruskan tradisi kaya pesepakbola dari Noongar boodja.

Apa yang membuat Bolton begitu hebat?

Ketika Bolton masuk ke liga, kebanyakan orang mengira dia memiliki potensi sebagai penyerang kecil yang bisa menjadi gelandang luar jika semuanya berjalan dengan baik.

Bagi sebagian besar penggemar kasual, Bolton mungkin dikenal karena tendangan gawangnya atau bakat lompatannya yang luar biasa. Bahkan sebelum dia berhasil menembus AFL dengan sungguh-sungguh, Bolton telah membalikkan kepala dengan kemampuan udaranya di level VFL.

Memuat

Tapi kekuatan terbesarnya adalah memenangkan bola dalam semua jenis kontes.

Era modern sepakbola — dan fandom footy — fetishizes ukuran di semua bagian dari permainan. Pemain bertubuh besar dihargai, sementara mereka yang bertubuh kecil sering diabaikan. Namun, sebagian besar waktu bagaimana Anda membaca permainan dan reaksi lebih penting daripada ketinggian atau jangkauan.

Memuat

Bolton – dengan tinggi hanya 175 sentimeter dan berat 77 kilogram – dikerdilkan oleh gelandang terbesar tetapi ia memiliki naluri untuk melatih ke mana bola akan pergi sebelum orang lain. Serangan dan kemampuan untuk memenangkan bola di kontes adalah inti dari identitas Richmond: kecepatan tinggi, gaya permainan langsung.

Bolton unggul di semua jenis kontes: penandaan, penghentian, dan permainan umum.

Dia adalah pemain paling mematikan Richmond di penghentian, terutama di tengah clearance. Ketika dia ditempatkan di tengah, biasanya mengarah ke skor Richmond, dengan 43 poin berasal dari rantai skor di mana Bolton mendapatkan pembuangan pertama setelah pantulan.

Itu 24 poin lebih banyak dari Dion Prestia, Tiger tertinggi berikutnya.

Memuat

Beberapa tim mungkin tertarik menggunakan Bolton hampir secara eksklusif di tengah, tetapi fleksibilitas Macan adalah bagian dari keterampilan mereka sebagai tim.

Sebaliknya, pelatih Damien Hardwick sebagian besar menempatkan Bolton sebagai pemain depan, anggukan untuk perkembangannya sebagai penyerang kecil.

Sementara ia sering melakukan pemantulan tengah dan penghentian di bagian depan lapangan, Bolton jarang membelok ke pertahanan untuk penghentian. Hanya tujuh dari 58 total pelepasan pertamanya dari penghentian terjadi di bagian belakang lapangan.

Peta tendangan dan bola tangan Shai Bolton di musim 2022.
Peta tendangan dan bola tangan Shai Bolton di musim 2022.(ABC)

Kemampuan Bolton untuk menggunakan bola dan menciptakan peluang bagi rekan satu timnya jauh lebih berharga saat mendekati gawang ketika ia dapat diisolasi melawan lawan yang lebih kecil atau lebih lemah.

Sementara Bolton dikenal dengan nilai terbangnya yang tinggi, juga kemampuannya dalam memimpin dan dalam kontes bahu-membahu yang menonjol. Bolton telah berkembang menjadi target nyata di depan untuk Macan di luar hanya menabrak bagian bawah paket.

Bodywork halus dan persiapannya untuk bola tiba adalah apa yang membedakan Bolton.

Memuat

Tentu saja, bagian bawah paket dan kontes mungkin tempat Bolton melakukan pekerjaan terbaiknya. Sama halnya dengan pekerjaannya dalam penghentian, hanya sedikit yang terampil membaca bola yang memantul di kaki pertandingan menandai dan dalam satu lawan satu daripada Bolton.

Memuat

Meskipun dia bukan akumulator utama dalam hal penguasaan bola, dia menerjemahkan bola yang dia dapatkan menjadi skor untuk timnya. Tahun ini, Bolton rata-rata hanya mencetak dua gol dalam satu pertandingan dan berada di dalam 10 besar untuk keterlibatan skor per pertandingan.

Ketika Richmond mencetak gol, Bolton biasanya memiliki andil dalam banyak hal.

Secara keseluruhan, Bolton adalah pemain penyerang di ujung atas liga, di semua komponen permainan.

Saat Richmond memasuki bagian akhir tahun ini dengan mempertahankan posisi di delapan besar berdasarkan persentase, Macan membutuhkan Bolton untuk menembak agar bisa bertahan di sana. Jika semuanya berjalan dengan benar, Bolton harus melakukan seleksi All Australian pertamanya di akhir tahun juga.

Bagi Bolton dan Richmond, boordahwan juga disebut orang Noongar sebagai nitja (hadiah).

Sumber: AFL NEWS ABC

Author: Russell White